Followers

RSS

Gangguan pada sistem pencernaan manusia

 

Penyakit dan Gangguan Sistem Pencernaan

Penyakit dan Gangguan Sistem Pencernaan
    Organ-organ dalam sistem pencernaan juga bisa mengalami beberapa gangguan atau penyakit. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor, seperti infeksi bakter, virus, pola hidup tidak sehat, dan berbagai faktor lainnya.

    Memangnya, apa saja penyakit pencernaan yang biasanya dialami seseorang? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa penyakit dan gangguan sistem pencernaan yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Maag

    Maag merupakan gangguan pencernaan yang dirasakan pada bagian lambung. Gangguan pencernaan ini pada umumnya terjadi ketika seseorang telat makanan, mengkonsumsi makanan pedas/ asam/ makanan tertentu, minum soda/ kafein/ minuman tertentu, dan lainnya.

    Maag ringan dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat maag, kemudian makan dan minum. Namun, sebaiknya penderita maag tetap menghindari makanan/ minuman yang memicu rasa tidak nyaman pada perut ini.

2. GERD

    GERD merupakan penyakit yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain perut terasa sakit, jika tidak segera diatasi, GERD dapt membuat iritasi dalam tubuh.

    Penderita GERD akan merasan sesnsai panas di dada, mual, susah menelan, batuk, hingga muntah-muntah.

3. Diare

    Diare merupakan gangguan sistem pencernaan manusia yang bisanya membuat seseorang banyak kehilangan cairan tubuh dan merasa lemas. Gangguan ini ditandai dengan rasa mulas terus menerus dan feses sangat cair.

    Diare yang parah bahkan bisa menyebabkan mual, muntah, hingga feses berdarah. Diare harus segera diobati karena bisa menyebabkan tubuh mengalami kehilangan banyak cairan.

4. Sembelit

    Berbanding terbaik dengan diare, sembelit merupakan penyakit yang membuat seseorang susah buang air besar. Selain itu, feses yang dikeluarkan dari dalam tubuh pun memiliki tekstur yang keras. Buang air besar pun terasa tidak nyaman ketika mengalami sembelit.

    Penyebab gangguan pencernaan ini cukupm beragam, seperti kurang minum air mineral, pengaruh obat-obatan tertentu, kurang makan makanan berserat, dan lain sebagainya.

    Sembelit bisa diatasi dan diobat dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, mengkonsumsi makanan tertentu, makan makanan berserat, dan lain sebagainya.

5. Hemoroid

    Hemoroid atau wasir merupakan gangguan yang terjadi ketika pembuluh darah di saluran anus mengalami pembengkkan. Pada umumnya, gangguan sistem pencernaan manusia  ini dialami oleh lansia, tetapi bisa juga dialami oleh orang dewasa dalam keadaan tertentu, seperti hamil atau sakit.

    Hemoroid pada saluran anus membuat rasa tidak nyaman, gatal, nyeri, hingga keluarnya darah saat buang air besar. Pada kasus hemoroid yang sudah membesar juga bisa membuat penderitanya tidak bisa duduk terlalu lama karena sakit.

    Gangguan pada organ pencernaan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat, memperbanyak minum air mineral, makan makanan berserat, dan lain sebagainya. Namun, penderita hemoroid yang sudah parah membutuhkan tindakan penanganan khusus, seperti operasi.

6. Divertikular

    Penyakit divertikular ditandai dengan adaya kantung kecil pada dinding usus besar yang mengalami peradangan. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami gejala gangguan kesehatan pencernaan, seperti diare, nyeri perut bagian bawah, kembung, dan lain sebagainya.

    Penyakit divertikular dapat terjadi karena adanya pengaruh genetik/ keturunan, gangguan sistem imun, penggunaan NSAID/ steroid, dan lain sebagainya. Gangguan atau penyakut divertikular dapat disembuhkan dengan menjalani pengobatan tertentu.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comentários:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Posts

About Me

Marvelio Darrel
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Image Post

Stay Connected

Labels

About us

My Instagram

International

Entertainment

Laptops

Famous Posts

Technology

About Author

About Ceyron

Ceyron is Versatile & Proactive Web Designer with OddThemes. Design themes for creatives and lifestyle bloggers

Sidebar Ads