Followers

RSS

PEMISAHAN CAMPURAN

 sumber : medcom.id

Pengertian jenis campuran

Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang tidak mengalami reaksi kimia. Maksudnya adalah ketika ada zat-zat berbeda yang digabungkan dan tidak mengalami perubahan komposisi kimia, maka hal ini disebut sebagai campuran.
Karakteristik utama dari campuran adalah masih mempertahankan sifatnya masing-masing dan bisa di pisah kembali. Selain itu, kompisisinya tidak tetap, seperti larutan gula sesuai takaran si A dan si B tidak akan selalu sama manisnya.
 
Karakteristik lain dari campuran adalah dapat dipisahkan melalui proses fisika. Adapun jenis campuran dibagi menjadi dua, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran Homogen

Campuran homogen adalah campuran yang mempunyai komposisi seragam di seluruh bagian. Maksudnya adalah zat terlarut pada campuran itu tersebar merata dan umumnya tidak terlihat lagi. Campuran demikian disebut sebagai larutan.

 
Misal, larutan gula dalam air. Gula yang mempunyai ukuran <1 nm akan tersebar merata dalam air sehingga butir gulanya tidak terlihat lagi.

Campuran Heterogen

Campuran heterogen adalah campuran yang mempunyai komposisi tidak seragam di seluruh bagian. Maksudnya adalah zat terlarut pada campuran itu tidak tersebar merata.
 
Berdasarkan ukuran zat terlarutnya, campuran ini bisa dibedakan menjadi dua jenis; koloid dan suspensi. Koloid adalah jenis campuran heterogen yang zat terlarutnya memiliki ukuran 1-100 nm. Kita masih bisa mengamati zat terlarut dan pelarutnya menggunakan mikroskop ultra. Misal, campuran air dan tepung.
 
Sementara itu, suspensi adalah jenis campuran heterogen yang zat terlarutnya memiliki ukuran >100 nm. Kita dapat mengamati zat terlarut pada pelarutnya dengan mata telanjang karena ada partikel-partikel yang tidak tersebar. Misal, campuran air dan pasir.

Cara pemisahan campuran

Campuran pada reaksi kimia dapat dipisahkan melalui berbagai teknik. Teknik pemisahan campuran antara lain, filtrasi, sentrifugasi, kromatografi, dan sublimasi.

1. Filtrasi

Filtrasi adalah cara pemisahan campuran dengan teknik penyaringan. Jadi, suatu campuran akan dituangkan ke dalam wadah lain dengan penyaring di antaranya. Partikel-partikel padat akan tersangkut di saringan dan zat caiir akan tertuang ke dalam wadah.
 
Misal, kita menyaring ampas kopi dari airnya sehingga air kopi tersebut bisa kita konsumsi.

2. Sentrifugasi

Sentrifugasi adalah cara pemisahan campuran dengan putaran berkecepatan tinggi. Partikel padat yang lebih berat akan turun ke bawah, sedangkan zat cair akan tetap di atas.
 
Misal, pemisahan campuran dengan teknik sentrifugasi biasa digunakan dalam pemisahan darah dari plasma darah.

3. Kromatografi

Kromatografi adalah cara pemisahan campuran dengan menggunakan perbedaan daya serap masing-masing zat. Dalam teknik ini, ada istilah fasa gerak dan fasa diam.
 
Misal, pemisahan tinta pada kertas kromatografi.

4. Sublimasi

Sublimasi adalah cara pemisahan campuran tanpa melalui fase cair. Jadi, suatu campuran akan dipanaskan dalam suhu tinggi sehingga zat cair akan menguap dan menyisakan zat padat saja.
 
Misal, proses pemisahan garam dari air laut. Air laut akan dipanaskan sehingga air menguap dan menyisakan partikel-partikel garam yang ada di dalamnya.

                                                                sumber : youtube

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comentários:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Posts

About Me

Marvelio Darrel
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Image Post

Stay Connected

Labels

About us

My Instagram

International

Entertainment

Laptops

Famous Posts

Technology

About Author

About Ceyron

Ceyron is Versatile & Proactive Web Designer with OddThemes. Design themes for creatives and lifestyle bloggers

Sidebar Ads